Penjelasan Singkat Mengenai Perbedaan Hardisk (HDD) dan Solid State Drive (SSD)

Posted on

Penjelasan Mengenai Perbedaan HDD dan SSD – Selama ini harddisk atau kerap disingkat HDD sudah menjadi standar media penyimpanan buat PC dekstop ataupun laptop. Seiring dengan pernyebaran teknologi, media penyimpanan pun ikut berkembang. Saat ini yang sedang banyak didiskusikan adalah SSD, yang merupakan pengembangan dari teknologi HDD.

Pada dasarnya, SSD itu setara layaknya HDD. cuma saja tak tersimpan terhadap lapisan-lapisan magnetik seperti HDD. SSD menyimpan seluruh data terhadap chip-chip emory flash yang saling terkait satu setara lain. Flash memory terhadap SSD jelas lain hal dengan yang dipakai terhadap Flashdisk dalam Perihal type serta kelajuan. Chip flash memori terhadap SSD mempunyai kelajuan yang lebih tinggi alih alih Flashdisk. Dengan kapasitas yang sama, harga SSD jauh lebih mahal alih alih Flashdisk.

Penjelasan Mengenai Perbedaan HDD dan SSD

Lalu, seajauh apakah perbedaan antara HDD serta SSH yang merupakan teknologi teranyar media penyimpanan saat ini. Simak ulasan berikut ini.

 

1. Ukuran serta Berat

Komponen atau material yang terkandung terhadap HDD, layaknya platter, head, dll amat berefek pada ukuran atau dimensi dan berat dari HDD itu sendiri. pasal teknologi HDD amat tergantung terhadap putaran piringan, Perihal ini bikin batasan seberapa kecil HDD bisa diproduksi. sementara SSD terbebas dari batasan tersebut, sehingga ukuran SSD bisa disusutkan seiring dengan pernyebaran jaman.

SSD yang tersedia kini ialah 2,5 inci, itu bermakna SSD ini cuma diperuntukan buat pemakaian laptop. Seiring dengan makin kecilnya ukuran laptop serta makin banyaknya.

pengguna PC tablet buat menjelajahi web, Anda akan menatap kemampuan.

SSD yang bisa beradaptasi dengan gampang dengan ukuran laptop/tablet.

2. Komponen serta Prinsip Kerja

HDD merupakan kependekan dari Harddisk Drive, sementara SSD ialah singkatan dari Solid State DriveHDD. tersusun atas komponen mekanik serta elektronik.
Bagian mekanik HDD terdiri atas piringan, motor serta lengan yang terkait ke piringan. sistem penulisan serta pembacaan data dilaksanakan dengan melewati sistem mekanik di mana piringan diputar oleh motor serta ujung dari lengan yang terkait ke komponen elektronik yang mengolah( baca serta tulis) data, menempel terhadap piringan yang berputar serta melaksanakan kegiatan penulisan serta pembacaan data.

 

Secara umum, sistem pengolahan data HDD dilaksanakan atau berlangsung pasal sinergi antara kegiatan mekanik serta elektrik. SSD dalam memproses data, menulis serta membaca data tak didukung oleh sistem mekanik, dalam SSD tak adanya komponen mekanis layaknya motor serta lengan dan piringan yang berputar.

Pada SSD cuma terkandung komponen elektronik layaknya Intergrated Circuit atau IC, micro chip serta komponen elektronik pendukung lainnya layaknya kapasitor. seluruh sistem pembacaan serta penulisan data dilaksanakan secara elektrik setara layaknya sistem yang berlangsung terhadap Flashdisk serta memori RAM.

 

3. kelajuan Baca serta Tulis Data

Pada area inilah SSD menunjukan perbedaan yang amat signifikan. kelajuan baca tulis SSD bahkan 8 kali lebih laju ketimbang dengan HDD. PC yang terpasang SSD bisa melwati sistem booting dalam jumlah detik, pastinya tak melebihi 1 menit. sementara waktun yang dibutuhkan HDD lebih lama bergantung dengan spesifikasi, serta yang pasti tak lebih laju jika dibandingkan dengan SSD.

Salah satu factor penyebabnya ialah SSD tak memakaikan piringan berputar atau factor mekanik amat melimit kemampuan elektronik dari HDD.

 

4. pengaruh yang ditimbulkan

HDD menerapkan unsur mekanik, sehingga menghasilkan pengaruh samping yang buruk antara lain :

a. Panas yang berlebihan
b. Konsumsi daya listrik yang tinggi
c. Putaran motor serta piringan memicu suara noise yang tinggi

Pada SSD, pasal tak mempunyai unsur mekanik tersebutkan akibatnya adalah:
a. Panas atau suhu SSD tak setinggi HDD b. Konsumsi daya listrik amat kecil, SDD cukup perlu daya kurang dari 1 watt sementara HDD memerlukan daya yang mencapai lebih dari 10 watt
c. tak adanya putaran motor serta piringan bikin SDD setara sekali tak berisik.

5. Fragmentasi

Karena bentuknya yang spiral, HDD amat baik buat menyimpan file-file yang berukuran besar yang berada terhadap blok yang tidak jauh. serta ketika kapasitas HDD mulai penuh, file-file yang telah tersimpan bisa terpencar, inilah yang diketahui dengan istilah fragmentasi
Efek dari fragmentasi adalah turunnya kinerja dari HDD itu sendiri. Dalam kondisi ini, buat memulihkan kinerja dari HDD, kebiasaannya kita melaksanakan defrag buat memulihkannya. sementara terhadap SSD kita tak butuh pusing memikirkan pertanyaan tenang fragmentasi pasal data tersimpan terhadap chip flash

6. Harga

SSD dijual dengan harga yang amat mahal per GB-nya. Mahalnya harga SSD dapat mencapai 9 kali lipat jika dibandingkan dengan HDD.

Next baca juga : Pengertian Singkat Tentang Teknologi Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *